Makanan Ikan Sapu – Sapu Hias Untuk Warna

Ruangikan.com –¬† Memelihara dan perawatan ikan sapu – sapu tidaklah susah. Anda hanya harus memberi makan secara rutin. Lalu, apa makanan ikan sapu – sapu hias ?.

Ikan sapu – sapu hias saat ini memiliki banyak jenis, mulai dari ikan sapu – sapu synodontis, ikan sapu – sapu xingu, ikan sapu – sapu zebra, hingga ikan sapu – sapu tiger.

Beberapa jenis ikan sapu – sapu tersebut meruapakan hasil budidaya hybrid atau persilangan beda jenis sehingga menghaslikan jenis ikan sapu – sapu baru.

Untuk mempercantik warna dan mempercepat pertumbuhan, Anda harus memberikan pakan terbaik baik pakan buatan ataupun alami.

Untuk Anda yang akan membeli dan memelihara ikan sapu – sapu, berikut ini rekomendasi pakan terbaik yang bisa Anda pilih.

Makanan Ikan Sapu – Sapu

Gambar Ikan Sapu - Sapu Hias
Gambar Ikan Sapu – Sapu Hias

1. Alga

Di alam liar, ikan sapu – sapu merupakan pemakan alga, tumbuhan, dan hewan kecil lainnya seperti udang, cacing, dan kutu air.

Mulut ikan sapu – sapu yang mirip dengan vacuum cleaner membuatnya mudah untuk memakan alga atau hewan yang berada di dasar air.

Alga merupakan salah satu makanan favorit ikan sapu – sapu. Biasanya alga akan tumbuh secara alami di akuarium maupun kolam.

Jadi ikan sapu – sapu sangat baik untuk dijadikan pembersih alga agar akuarium atau kolam Anda tetap terlihat bersih.

2. Cacing Sutra

Jika ikan sapu – sapu Anda ingin cepat besar, maka cacing sutra merupakan pilihan terbaik yang bisa Anda berikan.

Ini karena cacing sutra memiliki kandungan lemak tinggi sehingga dapat membantu memperbesar ukuran.

Ikan sapu – sapu liar juga memakan cacing sutra yang hidup dan berkembang secara alami baik di selokan maupun sungai.

Harga cacing sutra yang murah juga menjadi pilihan terbaik agar Anda bisa menghemat biaya pakan ikan sapu – sapu .

3. Cacing Darah

Cacing darah merupakan makanan ikan sapu – sapu untuk mempercantik warna dan mencerahkan pattern atau pola kulit.

Jenis pakan satu ini memiliki kandungan lemak asam amino yang tinggi sehingga sangat baik untuk mempercantik dan mencerahkan warna ikan.

Saat ini cacing darah juga tersedia dalam kondisi beku. Sehingga Anda bisa menyimpan cacing darah beku di kulkas dan bisa tahan lama hingga 2 minggu.

Anda bisa membeli cacing darah beku di toko online. Harga cacing darah beku juga lebih murah dan mudah didapatkan.

4. Kutu Air

Kutu air sangat baik untuk dijadikan pakan ikan ikan sapu – sapu baik anakan maupun indukan. Ini karena kutu air mengandung protein yang tinggi.

Protein pada kutu air sangat baik untuk memperbesar ukuran ikan ikan sapu – sapu. Sehingga pakan ikan ini sangat disarankan untuk Anda pilih.

Untuk menghemat biaya pakan, Anda juga bisa belajar membudidayakan kutu air sendiri di rumah. Sekarang ini banyak tutorial budidaya kutu air di YouTube.

Jika Anda malas membudidayakannya, Anda juga bisa membeli kutu air. Harga kutu air juga sangat murah dan mudah didapatkan.

Pelet Ikan Sapu - Sapu
Pelet Ikan Sapu – Sapu

5. Pelet Alga

Saat ini para kolektor dan pecinta ikan sapu – sapu hias lebih memilih untuk membeli pelet alga untuk makanan ikan sapu – sapu.

Pelet alga memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, mulai dari lemak, protein, karbohidrat, dan asam amino yang baik untuk ikan sapu – sapu.

Beberapa nutrisi tersebut sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan ikan sapu – sapu dan mempercantik warnanya.

Harga pelet alga terbilang murah dan masih terjangkau jika Anda ingin membelinya. Harga pelet alga 30 ribu per kemasan.

Baca Juga : Makanan Ikan Gurame

Itulah ulasan mengeni rekomendasi makanan ikan sapu – sapu hias terbaik yang bisa Anda pilih dan beli secara online atau mencari secara gratis.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahui Anda mengenai cara memelihara ikan sapu – sapu yang baik dan benar.

Terimakasih karena sudah mengunjungi website kami dan membaca artikel ini hingga akhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *