Harga Udang Rebon Terbaru Hari Ini 2023

Perbedaan Udang Rebon dan Ebi
Perbedaan Udang Rebon dan Ebi

Ruangikan.com – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai ciri-ciri, habitat, manfaat, dan harga udang rebon terbaru hari ini.

Bagi anda pecinta seafood, tentu sudah tidak asing lagi dengan udang rebon. Rebon memiliki nama latin Acetes.

Keunikan dari rebon yakni udang ini hanya dapat ditemukan di Asia Tenggara. Selain itu, rebon hidup berkoloni dan hanya menempati perairan yang bersih dan banyak terdapat plankton.

Harga Udang Rebon Terbaru Hari Ini

Gambar Udang Rebon Kering
Gambar Udang Rebon Kering

Ciri-ciri dari udang rebon adalah udang ini memiliki ukuran yang sangat kecil. Ukuran rebon dewasa hanya berukuran 2-3 cm.

Biasanya udang rebon dimanfaatkan untuk pembuatan terasi maupun tambahan bumbu penyedap makanan.

Terkadang masyarakat Indonesia masih susah dalam membedakan rebon dan ebi. Walaupun ukuran rebon dan ebi sama-sama kecil.

Akan tetapi kedua jenis udang ini berbeda. Nah berikut ini ulasan mengenai habitat, manfaat, ciri, dan harga udang rebon per kg terbaru.

"Perbedaan

1. Perbedaan Udang Rebon dan Ebi

Walaupun rebon dan ebi sama-sama merupakan jenis udang yang  berukuran kecil, tetapi kedua jenis udang ini berbeda. Ukuran ebi lebih kecil dibandingkan rebon.

Untuk ebi hanya berukuran 1-2 cm, sedangkan rebon bisa mencapai ukuran 3 cm. Selain itu, pemanfaatan  rebon dan ebi juga berbeda.

Udang rebon biasanya digunakan sebagai campuran makanan dan merupakan bahan pokok pembuatan terasi. Sedangkan ebi digunakan sebagai bahan penyedap bumbu makanan.

Udang ini dijual dalam dua jenis kemasan, yakni rebon kering dan rebon basah. Sedangkan ebi hanya dijual dalam keadaan basah.

perbedaan laind ari rebon dan ebi yakni rebon kering ada yang berwarna putih dan merah, sedangkan ebi kering hanya berwarna merah.

Gambar Udang Rebon Hidup

2. Habitat Udang Rebon

Udang Rebon merupakan jenis udang berukuran kecil yang hidup di perairan pantai yang dangkal dan berlumpur serta merupakan jenis udang yang memiliki sifat fototaksis positif.

Fototaksis positif adalah tingkah laku udang yang tertarik untuk mendekati sumber cahaya. Para nelayan rebon biasanya mencari udang pada saat pasang surut air laut.

Biasanya rebon mudah dicari di tepi hutan bakau. Waktu yang paling bagus dalam mencari udang rebon adalah pada saat bulan purnama (bulan terang).

Baca Juga : Budidaya Udang Windu

"Manfaat

3. Manfaat Udang Rebon

Banyak manfaat yang didapatkan dari mengkonsumsi rebon. Selain digunakan sebagai bahan utama pembuatan terasi, rebon juga digunakan sebagai bahan obat dan kosmetik.

Kandungan gizi yang tinggi dalam udang rebon sangat baik untuk kesehatan. Rebon juga memiliki kandungan protein sebesar 60%. Kandungan protein dalam udang rebon sangat baik untuk perkembangan otak.

Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi rebon karena kandungan proteinnya yang tinggi sehingga baik untuk perkembangan otak bayi.

4. Harga Rebon Terbaru Hari Ini

Udang rebon tersedia dengan berbagai macam kemasan, mulai dari rebon basah, rebon kering, maupun olahan rebon seperti terasi.

Harga rebon tergantung dari jenis kemasan, ukuran, dan lokasi penjualan. Selain itu, harga rebon di setiap daerah di Indonesia berbeda-beda.

Daftar Harga Udang Rebon Hari Ini

Jenis Udang Rebon Harga Per Kg
Rebon Kering Tawar 100 gr Rp 14.000
Rebon Kering Tawar 1.000 gr Rp 125.000
Rebon Kering Asin 100 gr Rp 15.500
Rebon Kering Asin 1.000 gr Rp 140.000
Rebon Basah 100 gr Rp 4.000
Rebon Basah 100 gr Rp 55.000
Terasi Rebon  100 gr Rp 7.500
Terasi Rebon 1.000 gr Rp 80.000

Baca Juga : Budidaya Udang Windu

Bagaiman, tertarikkah anda membeli udang rebon hari ini. Pastikan anda sekarang sudah mengerti perbedaan antara udang rebon dan ebi.

Nah itulah berbagai macam informasi mengenai rebon. Mulai dari ciri, habitat, ukuran, harga, dan manfaat udang rebon yang bisa anda jadikan referensi. Semoga artikel mengenai udang rebon ini bisa bermanfaat untuk anda, terima kasih.

Respon (5)

  1. Howdy! Do you know if they make any plugins to help with Search Engine Optimization? I’m trying to get my
    blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing
    very good gains. If you know of any please share.

    Appreciate it! You can read similar article here: Sklep internetowy

  2. Hi there! Do you know if they make any plugins to assist with SEO?
    I’m trying to get my site to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good results.
    If you know of any please share. Kudos! You can read similar text here: Backlink Building

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *