Budidaya Lobster Air Tawar Mudah Omset Tinggi

Budidaya Lobster Air Tawar
Budidaya Lobster Air Tawar

Ruangikan.com – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara budidaya lobster air tawar terbaik yang bisa menghasilkan omset tinggi.

Omset budidaya lobster air tawar yang tinggi akan membuat anda tertarik untuk memulai bisnis ini. Lobster air tawar saat ini menjadi salah satu komoditas perikanan unggul yang sedang banyak dibincangkan.

Hal ini dikarenakan harga lobster air tawar yang mahal serta permintaan yang tinggi baik basar lokal maupun ekspor.

Omset budidaya lobster air tawar bisa mencapai 50 juta per bulan untuk lahan 100 meter persegi. Hal ini dikarenakan harga lobster air tawar 250-300 ribu per kilo.

Bayangkan, jika anda mampu membudidayakan lobster air tawar dengan menjualnya 100 kg per bulan maka berapa omset yang akan anda dapatkan.

Budidaya Lobster Air Tawar Mudah Omset Tinggi

Budidaya Lobster Air Tawar
Budidaya Lobster Air Tawar

Dalam ternak lobster air tawar anda tidak memerlukan lahan luas dan modal yang banyak. Anda bisa memulai budidaya lobster air tawar di rumah dengan lahan hanya 5×10 meter persegi. Modal awal yang harus anda siapkan juga tidaklah banyak, hanya berkisar 4-5 juta rupiah.

Untuk mempermudah anda dalam mengetahui bagaimana cara ternak lobster air tawar terbaik yang dapat menghasilkan omset tinggi.

Disini kami akan membahas mulai dari cara pemilihan kolam, pemilihan indukan, proses pemijahan, pemberian pakan, dan pemasaran lobster air tawar terbaik.

1. Pembuatan Media Kolam Budidaya Lobster Air Tawar

Untuk memulai budidaya lobster air tawar anda bisa menyiapkan medianya terlebih dahulu. Media lobster air tawar dapat berupa kolam tembok, kolam terpal, akuarium, dan ember.

Tetapi saran kami jika anda ingin benar-benar terjun dan menekuni bisnis lobster air tawar maka anda bisa memilih kolam terpal dan kolam tembok sebagai media budidaya.

Kolam terpal dan kolam tembok lebih baik digunakan karena lebih tahan lama dan baik untuk pertumbuhan lobster air tawar. Berikut ini cara pembuatan kolam ternak lobster air tawar yang bisa anda jadikan sebagai referensi.

A. Budidaya Lobster Air Tawar di Kolam Terpal

Kolam terpal bisa anda pilih sebagai media lobster air tawar. Anda bisa membuat kolam terpal dengan ukuran 300 x 200 cm dengan ketinggian kolam 80 cm.

Untuk kedalaman air, anda bisa mengisi air hingga 50 cm dari dasar kolam. Sedangkan untuk ukuran kolam terpal seperti ini, anda bisa menebar benih lobster air tawar sebanyak 300 ekor/kolam.

Sedangkan untuk lobster dewasa anda bisa melakukan penebaran sebanyak 100 ekor/kolam.

Kolam lobster air tawar sebaiknya anda beri potongan paralon dan batu bata roster sebagai tempat bersembunyi dan molting lobster air tawar.

Baca Juga : Udang Rebon

Fase Telur Indukan Lobster Air Tawar
Fase Telur Indukan Lobster Air Tawar

B. Budidaya Lobster Air Tawar di Kolam Tembok

Cara budidaya lobster air tawar di kolam tembok bisa anda lakukan dengan pembuatan kolam berukuran 500 x 300 cm dengan ketinggian 80 cm.

Pembuatan kolam tembok sebaiknya dibuat besar karena untuk menjaga kestabilan suhu dan salinitas air.

Selain itu kolam tembok berukuran besar juga akan memudahkan anda dalam mengontrol dan membersihkan kolam.

Untuk ukuran kolam seperti ini, anda bisa menempatkan 500-600 benih lobster air tawar. Sedangkan untuk jumlah indukan anda bisa menempatkan 200 ekor lobster dewasa.

Salinitas, suhu air, dan pH juga harus anda kontrol secara teratur. Pembuatan kolam terpal maupun beton harus diperhatikan sirkulasi air dan oksigen terlarut.

Sirkulasi air bisa anda buat filter untuk membersihkan kotoran, sedangkan oksigen terlarut bisa anda tambahkan aerator makro maupun mikro.

Beda Lobster Jantan dan Betina
Beda Lobster Jantan dan Betina

2. Pemilihan dan Pemijahan Indukan

Proses pertama dalam ternak lobster air tawar yakni pemilihan indukan. Pemilihan indukan lobster air tawar yang baik yakni lobster yang sudah berusia lebih dari 5 bulan, dengan berat 100 gram per ekor.

Pastikan indukan dalam kondisi sehat dan anggota tubuh lengkap. Carilah indukan lobster berkualitas pada pembudidaya lobster berpengalaman aatau lembaga pembenihan resmi pemerintah.

Untuk pemeliharaan indukan, anda bisa menempatkan lobster air tawar pada kolam dengan kepadatan 10 ekor per meter persegi.

Pada proses pemijahan lobster air tawar anda bisa menempatkan jantan dan betina dalam kolam dengan perbandingan 1:2.

3. Ukuran Kolam Budidaya

Untuk kolam ukuran 3×2 meter, anda bisa menempatkan 20 jantan dan 40 betina. Setelah menempatkan indukan lobster air tawar pada tempat yang sama, tunggu selama satu bulan.

Setelah satu bulan anda bisa memeriksa indukan lobster betina, apakah sudah mengandung telur atau belum.

Jika lobster betina sedang mengandung telur, maka anda bisa memindahkannya ke akuarium terpisah.

Hal ini untuk menjaga agar anak lobster air tawar tidak dimakan indukan sehingga jumlah anakan nantinya banyak.

Tempatkan indukan betina per ekor dalam satu akuarium dan tambahkan potongan rafia atau sapu ijuk sebagai tempat menempel benih lobster air tawar.

Proses ternak lobster air tawar selanjutnya yakni penetas telut. Telur lobster air tawar akan menetas setelah berusia 40 hari.

Setelah telur menetas, anda bisa pisahkan indukan dan mulai untuk pemijahan selanjutnya.

4. Pemeliharan dan Pemberian Pakan Terbaik

Setelah benih lobster air tawar menetas, simpan benih dalam akuarium hingga 30 hari. Pastikan parameter kualitas air untuk pertumbuhan benih terpenuhi.

Kualitas air yang baik untuk budidaya lobster air tawar yakni, suhu air 26-28 C, pH air 7,5-8, dan oksigen terlarut 4-5 mg/liter.

Kualitas air seperti ini merupakan parameter optimal untuk pertumbuhan lobster air tawar.

Dosis pemberian pakan terbaik untuk burayak lobster air tawar yakni 5% dari total populasi.

Contohnya jika jumlah dan berat burayak pada kolam 1 kg, anda bisa memberikan pakan 50 50 gram sekali pakan.

Pemberian pakan terbaik dilakukan 2 kali sehari, yakni pada pagi dan siang hari. Pakan terbaik untuk pertumbuhan lobster air tawar yakni pakan komersial yang tinggi akan protein.

Pakan tambahan terbaik untuk budidaya lobster air tawar yakni cacing sutra. Anda bisa memberikan cacing sutra 1 kali seminggu dengan takaran secukupnya.

5. Proses Panen dan Pemasaran

Panen bisa anda lakukan setelah lobster berusia 5 bulan pasca penetasan. Ukuran lobster optimal dengan pemberian pakan teratur akan menghasilkan lobster dengan berat 90-100 gram per ekor.

Pilih lobster dengan kualitas terbaik untuk dijadikan indukan penerus pada fase pembenihan selanjutnya. Saat ini banyak kemitraan bisnis budidaya lobster air tawar yang bisa anda pilih.

Model kemitraan ini yakni mitra usaha akan memberikan modal berupa benih maupun indukan dan pakan lobster secara rutin.

Anda cukup menyiapkan kolam dan tenaga untuk pemeliharaan lobster hingga siap panen. Untuk kemitraan lobster air tawar, anda harus benar-benar teliti dan menetapkan perjanjian dan kesepakatan.

Pemasaran lobster air tawar dengan cara kemitraan tidaklah susah. Hal ini dikarenakan jika anda menjalin kemitraan.

Sehingga hasil panen yang anda miliki langsung diambil dan dibeli oleh pihak mitra sehingga anda tidak bingung untuk mencari pasar pembeli.

6. Harga Lobster Air Tawar Terbaru

Kendala dalam bisnis lobster air tawar yakni hama dan penyakit. Hama dalam proses ternak lobster air tawar yakni predator seperti katak, ikan, dan kepiting. Sedangkan penyakit dapat berupa white spot dan jamur.

Untuk menangani hal tersebut anda bisa memberikan obat sesuai dosis. Sedangkan untuk pengendalian hama anda harus menyaring air yang masuk singgi predator benih lobster tidak masuk kedalam kolam.

Harga lobster air tawar yang tinggi membuat saat ini banyak orang yang mulai membudidayakannya. Untuk saat ini, harga lobster air tawar berkisar 250-300 ribu per kilo untuk ukuran 15-20 ekor lobster per kilo.

Baca Juga : Harga Udang Rebon

Sedangkan untuk harga benih lobster per kilo isi 200 ekor berkisar 500-600 ribu per kilo. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk budidaya lobster air tawar di rumah?.

Banyak kemitraan lobster air tawar yang bisa anda pilih. Atau anda bisa memulai ternak lobster air tawar dengan model sendiri.

Respon (7)

  1. Wow, amazing weblog structure! How long have you
    been running a blog for? you made running a blog glance easy.
    The overall glance of your website is great, let alone the
    content! You can see similar here najlepszy sklep

  2. Hi there would you mind sharing which blog platform you’re using?
    I’m going to start my own blog in the near future but I’m having a
    difficult time deciding between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal.
    The reason I ask is because your design seems different then most blogs and I’m
    looking for something completely unique. P.S My apologies for getting off-topic but
    I had to ask! I saw similar here: Sklep internetowy

  3. Hello! Do you know if they make any plugins to assist with
    SEO? I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good success.
    If you know of any please share. Kudos! You can read similar
    article here: Dobry sklep

  4. Hi there! Do you know if they make any plugins to
    help with SEO? I’m trying to get my blog to rank for some targeted
    keywords but I’m not seeing very good gains. If you know of
    any please share. Appreciate it! I saw similar article here:
    Link Building

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *